Menu

Biaya Penyelenggaraan Ibadah Umrah Masa Pandemi

Biaya Penyelenggaraan Ibadah Umrah Masa Pandemi

Biaya Penyelenggaraan Ibadah Umrah Masa Pandemi, Arab Saudi menyambut kedatangan gelombang pertama jamaah umrah asing pada Ahad (1/11/20). Setelah penutupan umrah selama berbulan-bulan, Saudi memutuskan membuka kembali umrah secara bertahap sejak Oktober 2020.

Umrah bulan November Ini merupakan pembukaan tahap ketiga yang dilakukan kerajaan. Setelah dua tahap sebelumnya, Kerajaan mengkonfirmasi bahwa tidak ada penyebaran virus corona pada jamaah.

Pada fase ketiga ini, pembatasan yang dilonggarkan sebanyak 20 ribu jamaah asing akan diizinkan memasuki Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.Para jamaah juga akan diizinkan untuk sholat di dua masjid suci tersebut dan mengunjungi Rawdah di Masjid Nabawi Madinah.

Biaya Penyelenggaraan Ibadah Umrah Masa Pandemi, Ibadah umrah masa pandemi bukan hanya berbeda karena penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Perbedaan lainnya adalah biaya perjalanan umrah yang akan lebih mahal dari biasanya.

Berdasarkan KMA No. 719 Tahun 2020 Biaya perjalanan umrah masa pandemi adalah :

  1. Biaya penyelenggaraan ibadah umrah mengikuti biaya referensi yang telah ditetapkan oleh Menteri agama.
  2. Biaya sebagaimana dimaksud pada poin 1 dapat ditambah dengan biaya lainnya berupa pemeriksaan kesehatan sesuai dengan protokol Covid-19, biaya karantina, pelayanan lainnya akibat terjadinya pandemi Covid-19

Selama pelaksanaan umrah ,Kata Usman, akan ada berbagai aturan baru.Misalnya penggunaan kamar hotel yang biasanya bisa dihuni maksimal empat orang, kini hanya dibolehkan dua orang untuk satu kamar. “Sehingga harganya juga akan mengalami kenaikan,” kata Usman.

Selain itu, ada juga persyaratan tes PCR bagi para jamaah. Biaya tes ini ditanggung oleh peserta umrah.Tapi Usman belum bisa memastikan berapa nilai kenaikan biaya perjalanan umrah dari Indonesia.

“Karena itu kami dari KESTHURI dan AMPHURI akan berkoordinasi dengan Kemenag untuk memetapkan harga referensi.

Biaya Penyelenggaraan Ibadah Umrah Masa Pandemi  Wakil Sekretaris DPD Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) Sulampua, Agus Salim mengatakan , pelaksanaan umrah saat ini sudah berjalan lancar meskipun masih dalam masa uji coba.

“Ini tentu pihak dari Saudi tetap evaluasi terhadap pelaksanaan umrah ini. Kalau ternyata berhasil, tidak ada penyebaran, insyaAllah akan dibuka lebih banyak lagi,” kata Agus.

Selama masa pandemik, kuota jamaah umrah untuk Indonesia hanya 1000 per hari.agus berharap Januari 2021 mendatang pelaksanaan ibadah umrah bisa normal kembali termasuk kuotanya.

Sumber. sulsel.idntimes.com

bpkh.go.id

Baca Juga : Karantina selama 3 Hari Umrah masa Pandemi

Umrah Perdana Jamaah Indonesia Masa Pandemi

Daftar Haji SEKARANG, Daftar Tunggu HANYA 6-7 TAHUN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *