Menu

Cuaca di Mekkah

Cuaca di Mekkah

Cuaca di Mekkah, ada 2 musim yaitu musim dingin dan musim panas. Sehingga jika anda merencanakan akan menunaikan ibadah umrah maka cari tahu dulu tentang keadaan cuaca pada saat itu. Karena itu berhungan dengan apa yang akan anda bawa ketika menunaikan ibadah umrah tersebut. Akhir-akhir ini turun hujan di Mekkah, beberapa kali saya mendapati gerimis ketika sedang berada di Masjidil Haram.

Dengan adanya 2 musim yang berbeda ini maka kita harus benar-benar tau tentang cuaca pada saat menjalankan ibadah umrah, karena peralatan yang dibawa akan sangat berbeda jauh fungsinya. Pada hari ini tanggal 09 Februari 2020 cuaca di Mekkah cerah dengan suhu   27º C

mediaumroh.com/alhijaz-indowisata
mediaumroh.com/alhijaz-indowisata

Calon jamaah yang baru datang ,sering kali bertanya kapan awaktu terbaik untuk melaksanakan ibadah umrah, sebab sering mendengar cerita -cerita tentang cuaca extrem yang terlalu panas atau terlalu dingin di Tanah Suci.

Orang Indonesia sudah terbiasa dengan 2 musim di Tanah Air yaitu musim panas dan musim hujan.Begitu pul adi Arab Saudi terdapat 2 musim ,akan tetapi terdapat perbedaan kelembapan yang menyebabkan di Arab sangat jarang sekali hujan.

Dua kota yang tentunya disinggahi oleh para peziarah dari Indonesia adalah Mekah dan Madinah. Kedua Kota Suci yang terpisah sekitar 600 km ini memiliki sedikit perbedaan suhu karena letak geografisnya.

Menurut www.climatestotravel.com, suhu udara di Mekah rata-rata lebih tinggi daripada di Madinah. Mekah, tempat Kabah dan Masjidil Haram terletak, berada sejajar dengan tinggi air laut. Bahkan, Kota Mekah selalu panas sepanjang tahun dan dengan kelembapan rendah hal ini menjadikan panas semakin menusuk.

mediaumroh.com/alhijaz-indowisata
mediaumroh.com/alhijaz-indowisata

Dibawah ini akan kita jelaskan perlatan apa saja yang harus dibawa ketika umrah

Musim Panas

Pada saat musim panas, cuaca tidak berbeda jauh dengan di Indonesia, yang biasanya terjadi selama bulan Maret sampai bulan Agustus, terik sangat terasa.Suhu udara bisa mencapai sampai 50ºC pada siang hari dan akan terasa hangat dimalam hari dengan suhu berkisar diantara 30ºC sampai 40ºC . Pada  musim seperti ini perlu membawa payung atau topi, sunglasses, pakaian yang terbuat dari bahan katun atau yang menyerap keringat,masker,botol spray dan lotion.

Musim Dingin

Pada saat musim dingin yang biasa terjadi berkisar antara bulan Maret dan bulan September yang puncaknya biasanya terjadi pada bulan Desember sampai bulan Februari mencapai kurang lebih 5º C atau bahkan bisa lebih rendah dari 5ºC.

Pada saat musim dingin ini anda perlu membawa jaket atau baju hangat, payung (jika hujan), oabt-obatan dan vitamin.

Hawa dan angin dingin yang menghembus kencang akan dialamai jamaah umroh semenjak menapakkan kaki baik di Bandara King Abdul Azis Jeddah atau Bandara Madinah Almunawarah dan tentunya Mekkah Almukaramah. Kondisi dingin akan memuncak menjelang dini hari. Karena cuaca yang dingin ini serta angin yang menghembus membuat ada beberapa jamaah yang terganggu kesehatannya.

Semoga artikel ini dapat berguna sebagai info buat anda yang akan melaksanakan ibadah umrah, semoga perjalanan ibadah umrahnya lancar ,sehat dan mabrur, aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *