Menu

Obat Penunda Menstruasi Ketika Umroh

Obat Penunda Menstruasi Ketika Umroh

Obat Penunda Menstruasi Ketika umroh kerap kali digunakan akhwat jamaah umroh dan haji ketika melaksanakan ibadah umroh dan haji, karena  untuk mengatur datangnya menstruasi agar bisa menjalankan ibadah suci ini dengan khusyuk. Salah satu cara untuk mencegah hal tersebut dengan meminum norethisteron untuk umroh makbulah.

Namun timbul pertanyaan, apakah ibadah umroh dan haji syah jika mengkonsumsi pil tersebut? bagaimana cara kerja obat itu? efek samping apa yang akan terjadi? Berikut mediaumroh mengulasnya untuk anda para akhwat.

Apa itu norethisteron ?

Norethisteron merupakan obat yang biasa digunakan akhwat untuk mengatasi gangguan haid, yang merupakan pengganti hormon yang dibuat dengan cara sintesis untuk menyerupai hormon Progesteron.Salah satu efeknya adalah bisa menunda menstruasi.

alhijazmediaumroh.com
alhijazmediaumroh.com

Fatwa Membolehkan untuk meminu norethisteron untuk umroh dan haji

Dimasa silam tidak ada yang namanya pencegahan menstruasi saat ibadah umroh dan haji.Ketika menstruasi calon jamaah umroh dan haji akhwat diperbolehkan mengikuti rukun umroh dan haji kecuali thawaf.Sebab, saat tawaf kita harus dalam keadaan sucu seperti yang  dalam hadist riwayat bukhari dan muslim.Ketika aisyah menstruasi saat haji, nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda padanya:

“Lakukanlah segala sesuatu yang dilakukan orang yang berhaji selain dari melakukan thawaf di ka’bah hingga engkau suci”(HR.Bukhari n0,305 dan Muslim no.1211).

Di era modern ini, beberapa ulama kontemporer melakukan penelitian dan mayoritas membolehkan meminum noerthisteron umtuk umroh dan haji.Fatwa Al Lajnah Ad Daimah,MUI Arab Saudi menjelaskan bahwa penggunaa pil tersebut dibolehkan asal ada aturan dokter.

Cara Penggunaan norethisteron

alhijazmediaumroh.com
alhijazmediaumroh.com

sehari 3 kali norethisteron 5mg dimulai sebelum tanggal perkiraan siklus menstruasi.(yang perlu diingat jam saat minum harus sama setiap hari agar pengobatan maksimal ,wallahu ‘a lam)

Dapat diminum sebelum atau sesudah makan. Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya.

Bila lupa menggunakan norethisteron, disarankan untuk segera melakukannya begitu ingat apabila jeda dengan jadwal konsumsi berikutnya belm terlalu dekat.jika sudah dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosis.

Bila pengguna menderita Diabetes maka harap kontrol kadar gula darah.

Efek samping penggunaan norethisteron

Beberapa efek samping yang umum terjadi setelah mengkonsumsi obat ini adalah:

  1. Edema atau penumpukan cairan dalam tubuh
  2. Kembung
  3. Sakit kepala
  4. Mual
  5. Menstruasi singkat atau tidak menstruasi sama sekali
  6. Sulit tidur
  7. Lelah
  8. Pusing
  9. Perubahan berat badan
  10. Diare
  11. Demam
  12. Nyeri Payudara
  13. Depresi
  14. Linglung
  15. Keinginan untuk melakukan hubungan seksual menurun
  16. Muncul reaksi oada kulit
  17. Sesak nafas
  18. Gangguan penglihatan atau pendengaran
  19. Sakit kuning
  20. Kejang

Demikian info ini saya sampaikan.semoga membawa manfaat,

Baca Juga : Mau umroh hemat dan amanah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *